Kamis, 18 Januari 2018

REFLEKSI UAS

Dalam postingan kali ini, saya akan menuliskan refleksi terakhir yaitu mengenai seluruh materi perkuliahan Pendidikan Pancasila yang dipelajari di kelas setiap hari Jum’at jam 14.30 – 16.10 selama satu semester bersama dosen, Bapak Abdul Rahman Hamid.

Pendidikan Pancasila adalah pendidikan yang mempelajari lebih dalam mengenai makna, nilai, sejarah, dan yang lainnya yang bersangkutan dengan Pancasila. Berikut beberapa materi yang saya dapat :
1.       Urgensi Pendidikan Pancasila
2.       Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia
3.       Pancasila Sebagai Dasar Negara
4.       Pancasila Sebagai Ideologi Negara
5.       Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
6.       Pancasila Sebagai Sistem Etika
7.       Pancasila Sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu

Meskipun dari SD sampai SMA mempelajari pendidikan kewarganegaraan, tetap saja Pendidikan Pancasila dibutuhkan dalam perkuliahan karena mahasiswa memiliki pemikiran yang lebih matang untuk mempelajari lebih dalam mengenai Pancasila. Sehingga dalam diri mahasiswa lebih tertanam lagi nilai-nilai yang terkandung di Pancasila karena mahasiswa merupakan individu yang satu langkah lagi dapat mengubah negara, atau bahkan dunia.

Pentingnya mempelajari pendidikan pancasila yaitu agar dalam diri kita terdapat rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa cinta terhadap bangsa Indonesia. Nah dalam satu semester ini, kita pastinya mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan kita dalam bernegara. Karena tidaklah ada sesuatu yang tidak bermanfaat. Sesuatu yang ada, pastilah ada manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar